0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPA Sampah di Karangdukuh Sudah Ditutup

Kepala Desa Karangdukuh, Iriyanto (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten akhirnya menutup penggunaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sementara di salah satu lahan milik warganya. Hal itu menyusul pemblokiran jalan oleh warga yang menolak TPA yang berlokasi di Dukuh Karangdukuh.

“Ini tadi sudah dapat jawaban dari DPU ESDM Klaten. Diputuskan mulai hari ini sudah tidak ada kegiatan pembuangan sampah. Jadi sudah ditutup,” ujar Kepala Desa (Kades) Karangdukuh, Iriyanto, saat ditemui di ruangannya, Senin (25/4).

Dikatakan, keputusan itu berdasarkan pertemuan Minggu (24/4) malam di salah satu rumah warga Dukuh Keringan, yang berlokasi tak jauh dari TPA sementara. Dalam pertemuan itu, warga memberikan waktu tiga hari untuk menutup TPA Karang Dukuh yang sudah digunakan sejak sepekan terakhir, Selasa (19/4).

Disinggung soal kronologisnya, Iriyanto mengungkapkan, bermula dari inisiatif salah seorang warganya yang menawarkan lahannya untuk digunakan sebagai pengganti TPA Joho. Pasalnya, lahan tersebut sudah tidak produktif untuk digarap, serta bekas galian pembuatan batu bata yang selalu tergenang setiap musim hujan.

“Setahu saya pemilik lahan mengajukan ke DPU, jadi jangan salah informasi. Warga saya datang sendiri ke DPU karena lahannya sudah menjadi rawa seperti itu. Dari satu petak lahan itu untuk percontohan proyek sampah timbun tanah. Ke depan, harapannya biar tanah itu subur kembali,” ungkap Iriyanto.

Saat Timlo.net mendatangi Kantor Desa Karangdukuh, Senin (25/4), terlihat kendaraan dinas Kabid Pertamanan dan Kebersihan DPU ESDM Klaten, Anwar Shodiq terparkir di halamannya. Namun setelah bertemu dengan Kades Iriyanto, Sodiq enggan berkomentar terkait penutupan TPA sementara Karangdukuh.

“Enggak usah komentar. Langsung saja tanya ke dalam (Kades Iriyanto),” ucap Sodiq seraya bergegas masuk ke kendaraanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge