0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Kades Bali Studi Pengelolaan BUMDes Ponggok

dok.timlo.net/aditya wijaya
Bupati Bangli, Made Gianyar, kiri baju merah, saat mengunjungi Pendopo Pemkab Klaten dalam kunjungannya ke Desa Ponggok (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten Klaten menerima kunjungan ratusan kepala desa (Kades) dari Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (25/4). Mereka hendak studi lapangan terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

“Rombongan kami sekitar dari 140 orang berasal dari 68 Perbekel (Kades) dan 68 Kaurbang Desa, perangkat lainnya. Tujuannya untuk studi lapanganan pengelolan BUMDes Ponggok yang berhasil dalam mengelola pariwisata,” ucap Bupati Bangli Made Gianyar, Senin (25/4).

Sementara, Kades Ponggok Junaedi Mulyono menerangkan, awal mula pendirian BUMDes mengalami pasang surut. Namun berjalannya waktu, manfaatnya sudah mulai dirasakan masyarakat. Bahkan BUMDes Ponggok mampu membiayai semua warga menjadi peserta BPJS, kecuali yang telah dibiayai pemerintah maupun perusahaan tempatnya bekerja.

Selain itu, melalui BUMdes juga mempunyai program beasiswa satu rumah satu mahasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia desa setempat. Selain itu, juga membiayai jaminan hidup warganya yang  sudah lanjut usia. Pasalnya, pendapatan BUMDes mencapai miliaran rupiah yang berasal dari berbagai sektor usaha, termasuk pariwisata Umbul Ponggok.

“Hingga saat ini sudah ada ratusan desa di Indonesia yang berasal dari Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya untuk studi lapangan tentang BUMDes Ponggok,” ucap Junaedi.

Selain dari Kabupaten Bangli, dalam kesempatan itu, Pemkab Klaten juga menerima tamu dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Yoppy Prabowo ini akan mempelajari Pembuatan Raperda terkait BUMDes. Kedua rombongan ini diterima langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Klaten, Bambang Sigit Sinugraha.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge