0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biaya Perawatan Dua Gajah WGM Capai Rp 100 Juta

Dua gajah baru penghuni Waduk Gajah Mungkur (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setidaknya Pemkab Wonogiri butuh anggaran ratusan juta rupiah untuk biaya perawatan dua ekor gajah yang mengisi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM). Selain gajah, ada sekitar 191 ekor satwa, baik  yang dilindungi maupun tidak dilindungi.

“Butuh anggaran Rp 100 juta. Anggaran tersebut meliputi biaya pemberian makan serta perawatan kesehatan dua ekor gajah yang baru kita datangkan Minggu (24/4) kemarin dari Guci, Tegal, Jateng,” ungkap Kepala UPT WGM Pardiyanto, Senin (25/4).

Dua gajah tersebut merupakan sitaan BKSDA Jateng yang kemudian dihibahkan ke WGM. Menurutnya, dua gajah tersebut berjenis kelamin betina dan jantan. Bobot total keduanya hampir 10 ton, sedang usia gajah baru sekitar 30 tahun.

“Paling riskan itu soal perawatan kesehatannya, karena sering ada cacing yang ikut dalam makanan. Jadi perlu pengecekan cacing seminggu sekali dan itu rutin,” ujarnya.

Dikatakan, berkaca tahun 2012 lalu, sebelum dua gajah disita BKSD lantaran belum memiliki ijin LK, setiap tahun khusus untuk gajah diperlukan biaya Rp 100 juta. Sedang tahun 2016 ini, anggaran untuk gajah baru belum masuk dalam draf anggaran sehingga kemungkinan tahun depan baru dimasukkan.

“Saat ini untuk biaya operasional dan perawatan satwa koleksi WGM memerlukan dana sekitar Rp 150 juta pertahunnya,” terangnya.

Sehingga tahun depan diperlukan dana sekitar Rp 250 juta untuk biaya perawatan satwa koleksi WGM. “Saya harap dengan adanya dua gajah ini mampu menyedot kembali pengunjung, yang tiap tahunnya mengalami penurunan hampir 10 persen paska penyitaan dua gajah koleksi WGM oleh BKSDA Jateng pada 2012 silam,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge