0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Luhut Tidak Terima Masuk Daftar Panama Papers

Luhut Binsar Pandjaitan (merdeka.com)

Timlo.net – Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan masuk dalam daftar Panama Papers. Ia tercatat sebagai direktur tunggal Mayfair International Ltd, sebuah perusahaan kotak pos di Republik Seychelles, sebuah negara kepulauan di tengah Samudera Hindia.

Menanggapi hal tersebut, Luhut membantahnya. Luhut mengaku tak mengenal perusahaan cangkang Mayfair International Ltd.

“Saya tidak pernah terlibat di dalam itu dan saya tidak tahu mayfair itu dan saya tidak pernah berkeinginan sedikit pun untuk tidak membayar pajak,” kata Luhut, Senin (25/4).

Dia mengklaim salah satu orang menaati membayar pajak. Menurutnya membayar pajak hal penting bagi pendapatan negara.

“Saya salah satu pembayar pajak yang setia dan itu menurut saya nilai-nilai yang penting. Kalau anda tanya bagaimana tanya saja yang nulis itu,” kata dia.

Lanjut dia, perusahaan cangkang tersebut tidak masuk laporan harta kekayaan pejabat negara. Selain itu, dia mengaku tak pernah menerima apapun dari perusahaan tersebut.

“Dari perusahaan Toba Bara Sejahtera termasuk anak perusahaanya, dari tahun 2010 sampai 2015 sudah lebih dari 300 juta dollar pajak dan royalti yang sudah dibayarkan ke kas negara. Bahkan pada tahun 2014 perusahaan batubara kami mendapatkan penghargaan dari kantor pajak,” kata dia.

Dia juga membantah perusahaan cangkang itu tak mempunyai hubungan dengan PT Persada Inti Energi. Oleh sebab itu, dirinya tak mengetahui proyek apa saja yang sedang dikerjakaan PT Persada Inti Energi.

“Disebutkan bahwa pemegang saham persada ini adalah anak buah saya Elizabeth, memang Elizabeth pernah bekerja sebagai direktur keuangan di perusahaan saya. Namun tahun 2008, dia diminta untuk mengundurkan diri karena dia tidak menjalankan perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola keterbukaan perusahaan yang saya pegang teguh,” tandasnya.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge