0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemindahan Sunday Market, Ini Tanggapan Wakil Rakyat

Suasana Sunday Market Stadion Manahan (Dok. Timlo.net/Setyo )

Solo – Wacana pemindahan Sunday Market ke Alun-alun Kidul (Alkid) ditanggapi kalangan legislatif. Meski sebagian ada yang menentang wacana tersebut, namun ada juga yang setuju untuk dipindahkan. Dengan catatan melalui kajian yang mendalam.

“Kalau saya, sebenarnya sah-sah saja (dipindahkan ke Alkid-red). Asal untuk seluruh kebaikan pedagang dan masyakrakat. Tapi, juga harus melalui kajian pasalnya Alkid merupakan kawasan cagar budaya,” terang Anggota Komisi II DPRD Kota Surakarta Ginda Ferachtriawan baru-baru ini.

Menurutnya, sinergitas antara pihak Pemkot dan Keraton harus dikedepankan lebih dahulu. Mengingat, Alun-alun Kidul merupakan aset milik keraton. Jika telah mendapat lampu hijau, maka barulah Pemkot melakukan penataan pedagang bilamana opsi pemindahan pedagang benar-benar dilaksanakan.

Disisi lain, kata Ginda, Pemkot harus memperhatikan perencanaan penggunaan lahan secara matang. Lahan di bagian tengah Alkid yang kerap digunakan untuk sepakbola sebaiknya steril dari pedagang agar tak mengalami kerusakan rumput. Batasan tersebut harus diterapkan sejak awal. Terlebih untuk mengantisipasi kedatangan pedagang dadakan.

“Alkid kan kerap dipakai pedagang dari sore sampai malam. Jika dipakai Sundai Market, juga harus mentaati peratutan yang selama ini dipatuhi para pedagang disana, semisal tidak memanfaatkan area tengah lapangan untuk berjualan. Pasalnya, bisa merusak rumput,” terang Ginda.

Di sisi lain, Pemkot harus mengatisipasi kedatangan pedagang dadakan yang berpotensi ikut menghuni kawasan alkid.

“Pedagang Sunday Market yang ada harus didata. Supaya nanti dipastikan tidak bertambah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR) DPRD Kota Surakarta Supriyanto tetap bersikukuh agar Pemkot meninjau ulang rencana relokasi Sunday Market. Menurutnya, langkah penataan pedagang sudah cukup untuk mengatasi persoalan yang ada di pasar tumpah tersebut

“Sebaiknya dicari dulu akar permasalahannya. Baru kemudian ditentukan langkah penyelesaiannya, jangan asal mau pindah saja. Cukup penataan saja,” tandas Supriyanto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge