0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keselamatan Pesepeda Harus Diutamakan

Kampanye keselamatan bersepeda (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Komunitas Masyarakat Sadar Keselamatan (KMSK) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo menginisiasi kampanye keselamatan berlalu-lintas. Bertempat di salah satu titik Car Free Day jalan Slamet Riyadi, kampanye ini diikuti ratusan peserta, dari berbagai kelompok sepeda.

“Ada banyak Mas, ada komunitas Bike to Work, komunitas Solo Last Friday Ride, komunitas onthel Lawas, dan ada juga komunitas non sepeda yang ikut bergabung, serta masyarakat umum,” terang Ketua KMSK, Wardoyo Peppy, Minggu (24/4).

Dia mengatakan bersepeda merupakan gaya hidup. Namun, keselamatan ini merupakan kebutuhan bersama. Karenanya keselamatan berkendara terutama sepeda harus juga diutamakan.

“Sebab saat ini Kota Solo mulai tidak ramah dengan pesepeda, padahal pesepeda juga berhak menggunakan jalan. Karenanya kadang keselamatan pesepeda kurang terlalu diperhatikan,” katanya.

Selain kepada masyarakat awam, kampanye ini juga menyasar pecinta sepeda, yakni dengan cara mengingatkan untuk menggunakan pelindung setiap kali bersepeda.

“Seharusnya standar keselamatannya pakai helm, juga rompi fosfor jika berjalan di malam hari, sehingga lebih aman bagi pengendara sepeda. Selain itu tentunya mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku,” kata dia.

Salah satu peserta Ahmad Dhafir, mengaku senang mengikuti acara ini. Dia mengatakan kegiatan ini bisa menambah pengetahuannya dalam standar keselamatan bersepeda.

“Kalau dulu orang pakai helm naik sepeda dianggap nggaya tetapi ternyata memang ada begitu standar keselamatannya. Ikut acara ini jadi bisa tahu,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge