0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenhub Dorong Pemerataan Penerbangan

timlo.net/setyo pujis
Direktur Bandar Udara Kementrian Perhubungan, Agus Santoso (dua dari kanan) (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kementrian Perhubungan dorong bandara udara di daerah memperbanyak rute penerbangan. Hal itu diperlukan agar dapat mengurangi penumpukan penumpang di satu tempat.

“Kita sangat mendorong agar bandar udara di daerah bisa memperbanyak rute penerbangan. Dengan demikian, nantinya akan terjadi pemerataan penumpang di setiap daerah,” ujar Direktur Bandar Udara Kementrian Perhubungan, Agus Santoso kepada wartawan, Sabtu (23/4).

Menurutnya, selama ini penerbangan masih tersentral di Jakarta dan Surabaya. Bahkan karena kondisi itu, trafik penerbangan di Bandara Internasional Sukarno-Hatta menjadi padat, atau mencapai 72 kali penerbangan per jam.

“Dengan durasi waktu dan kepadatan seperti itu, kita menilai tidak efektif untuk penerbangan. Apalagi landasan yang digunakan untuk landing dan take off masih jadi satu, sehingga proses penerbangan terpaksa harus bergantian,” jelas dia.

Agus menilai, kepadatan penerbangan di Jakarta dan Surabaya karena adanya sentralisasi penumpang. Masyarakat lebih memilih berangkat didua tempat tersebut karena dianggap yang paling banyak menawarkan rute penerbangan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge