0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Pendapat Fraksi Gerindra Tentang Raperda Desa

dok.timlo.net/nanin
Pilkades di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Sukoharjo — Partai Gerindra melalui kadernya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) II Sukoharjo menaruh perhatian khusus terhadap pembahasan Perda Desa. Sejumlah usulan dan saran disiapkan Fraksi Gerindra dalam pembahasan raperda desa pekan depan.

“Setelah ada otonomi desa nanti desa akan sibuk banyak kegiatan, masyarakat desa sendiri yang harus proaktif melakukan setiap pengawasan. Tidak hanya dalam Pilkades, namun juga semua kegiatan di desa,” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sukoharjo, Yoshua Sindhu Riyanto, Sabtu (23/4).

Salah satu yang menjadi penekanan dalam pembahasan raperda desa ini adalah terkait penghapusan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dalam Pilkades. Pasalnya, banyak warga masyarakat di pedesaan yang mencari penghidupan di luar daerah yang enggan untuk sekedar pulang menggunakan hak pilihya.

Selain masalah pilkades, juga perlu adanya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan dan pengawasan pemerintahan desa. Tidak hanya pelatihan untuk perangkat desa, namun juga harus ada pelatihan untuk Badan Pengawas Desa (BPD).

“Sebaiknya juga ada pemberdayaan anggota BPD, mereka juga perlu dipersiapkan sebagai pengawas program desa,” tandas anggota Fraksi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Eko Sapta.

Pendapat ini akan disampaikan Fraksi Gerindra dalam sidang peripurna pembahasan raperda desa minggu depan dengan agenda pendapat fraksi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge