0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satlantas Giatkan Sosialisasi Perubahan SIM C

timlo.net/nanin
SIM (timlo.net/nanin)

Boyolali — Jajaran satlantas Polres Boyolali terus mengiatkan sosialisasi penggunaan SIM C yang disesuaikan dengan kapasitas mesin motor. Sosialisasi terus dilakukan menyusul aturan baru tersebut bakal mulai diterapkan tahun ini.

“Kita sosialisasikan saat warga membuat SIM dan ke club-club motor yang ada,” kata Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Yuna Ahadiyah, Sabtu (23/4).

Dijelaskan, sesuai aturan baru, penggunaan SIM C nantinya dikategorikan menjadi tiga. Yaitu sim C untuk pengemudi kendaraan dengan kapasitas mesin kurang dari 250 cc, SIM C1 diperuntukan bagi pengendara dengan kapasitas mesin motor antara 250 cc hingga 500 cc. Sedangkan untuk SIM C2 diperuntukan bagi pengendara dengan kapasitas mesin motor di atas 500 cc.

“Kita sosialisasikan agar masyarakat bisa segera menyesuaikan SIM mereka,” tambah Yuna.

Untuk masalah biaya pembuatan SIM C1 dan SIM C2, menurut Yuna, sampai saat ini masih digodok oleh pemerintah untuk revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tentang PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Sedangkan kendala yang dihadapi saat ini, pihaknya belum memiliki kendaraan cc besar sejenis moge untuk uji praktek SIM.

“Kita belum punya, masih kita carikan solusi sebelum diterapkan kita harapkan sudah memiliki,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge