0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Luas Genangan Waduk Gondang Bertambah Delapan Hektar

Proyek pembangunan Wadung Gondang (merdeka.com)

Karanganyar – Luas genangan Waduk Gondang, Kecamatan Kerjo akan ditambah dari yang semula hanya 88,2 hektare menjadi 96,23 hektar. Perluasan itu akan berdampak pada pembebasan lahan warga.

“Perluasan genangan Waduk Gondang masih dalam proses pengajuan ijin kepada Gubernur Jawa Tengah,” kata Sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar Samsi, Jumat (22/4).

Perluasan ini, selain untuk untuk menambah luas genangan juga digunakan untuk sabuk hijau (green belt). Dampak penambahan luas genangan waduk ini ada 10 warga yang lahannya harus dibebaskan.

“Penambahan luas genangan mencapai delapan hektare,” kata Sekda.

Delapan hektar t ersebut meliputi lahan warga seluas 4,9 hektar dan lahan perkebunan milik PTPN IX seluas 3,05 hektar. Tambahan luas genangan tersebut berada di Dusun Manduk, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso.

Kepala Desa Jatirejo Sukiman mengatakan, seluruh warga menerima pembebasan lahan untuk tambahan genangan waduk tersebut. Namun pihaknya belum mengetahui terkait proses pembebasan lahan.

”Sempat ada yang menolak, tapi setelah mendapat sosialisasi akhirnya setuju,” kata Sukiman.

Seperti diketahui, pembangunan Waduk Gondang dimulai tahun 2014. Proses pembebasan lahan milik warga sudah tuntas. Volume tampung waduk diperkirakan mencapai 10 juta m3 dengan pasokan air baku mencapai 200 liter perdetik dari Sungai Garuda.

Total, ada 244 pemilik tanah di tiga desa, yakni Desa Gempolan dan Desa Ganten, Kecamatan Kerjo serta Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso. Luas lahan yang dibebaskan tersebut mencapai 96,23 hektar. Meliputi 43,87 hektar lahan milik PTPN IX.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge