0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Suku Bunga Kredit Turun Hingga 13 Basis Poin

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo (merdeka.com)

Timlo.net – BI sudah menurunkan BI Rate dari 7,5 persen menjadi 6,75 persen. Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan, BI melihat rata-rata perbankan nasional sudah menurunkan suku bunga kreditnya hingga 13 basis poin (bps).

“Sebetulnya kalau dilihat penyesuaian kredit, suku bunga kredit kan sudah ada 13 basis poin, tapi kalau dana pihak ketiga (DPK) sudah ada 37 basis poin, tentu ini adalah satu transisi yang sedang dijalankan oleh perbankan,” kata Agus, Jumat (22/4).

Lebih lanjut Agus mengatakan, perubahan suku bunga acuan dari BI Rate menjadi BI 7 days repo rate akan memudahkan sektor perbankan mengadopsi kebijakan bank sentral.

“Kalau nanti BI sudah efektif mengubah BI rate menjadi BI 7 days repo rate, kita meyakini transmisi dari pada kebijakan yang diambil policy akan efektif dan lebih cepat sampai kepada pasar. Ini fokus BI selama beberapa bulan ke depan,” imbuh Agus.

Meski demikian, lanjut Agus, BI tidak bisa memberikan garansi penurunan suku bunga kredit bisa menyentuh angka di bawah 10 persen tahun ini. Namun, penurunan suku bunga kredit akan terjadi setelah penerapan BI 7 days repo rate pada Agustus mendatang.

“BI pada Januari sampai Maret bisa turunkan BI Rate sampai tiga kali. Sekarang 6,75 persen sedangkan 7 days repo rate itu ada di 5,5 persen. Tapi hal ini tergantung pada ekonomi domestik. Misalnya ekonomi domestik kita inflasi diperkirakan 4 persen plus-minus 1 persen. Kalau melihat dan kemudian jatuh lebih dari 5 persen tentu itu membuat situasi yang berbeda,” jelas Agus.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge