0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Cara Terbaru Penanganan Laka Lantas

timlo.net/agung widodo
Simulasi penanganan laka lantas (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Sragen mendapat bimbingan teknis cara penanganan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas dari Ditlantas Polda Jawa Tengah. Penanganan laka ini menggunakan alat khusus dari mobil Trafic Acident Analysis (TAA).

“Sebenarnya cara penanganan saat ini tidak ada bedanya dengan cara penanganan kecelakaan yang  biasa dilakukan. Cara yang dulu kurang begitu sempurna karena tidak ada foto dari atas mobil TAA,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Sragen, Iptu Sudarmaji mewakili Kasat lantas AKP Sukmawati, Kamis (21/4).

Dalam pelatihan yang digelar di Jalan Pattimura Sragen ini, sejumlah anggota Lantas memperagakan terjadinya kecelakaan. Digambarkan, dalam laka lantas antara sebuah mobil pikap dengan sepeda motor itu menyebabkan satu orang tewas.

Pertama yang dilakukan, petugas menolong korban laka yang masih hidup dengan dibawa kerumah sakit atau Puskemas terdekat. Sedangkan yang sudah meninggal diidentifikasi dulu dan diberi tanda kemudian dievakuasi tim medis.

Petugas  menggambar posisi jatuhnya kendaraan yang terlibat kecelakaan. Petugas melakukan penggambaran mulai dari titik terjadinya kecelakaan dengan menggunakan mobil TAA. Dengan mobil ini akan bisa diketahui sebab terjadinya laka, korban dan tersangkanya.

”Mobil TAA ini tidak semua Polda memiliki, hanya lima di Indonesia dan salah satunya milik Polda Jateng. Mobil ini digunakan untuk kejadian kecelakaan besar dengan korban lebih dari lima orang,” jelas Iptu Sudarmaji.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge