0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3.000 Bibit Pohon Hijaukan Desa Bandardawung

timlo.net/nanang rahadian
Kru Penghijauan Accor Hotels Solo (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day) 22 April, jajaran Accor Hotel Group wilayah Solo, Yogyakarta dan Semarang melakukan penghijauan di kawasan perbukitan Desa Bandar Dawung, Kecamatan Tawangmangu, Kamis (21/4). Sebanyak 3.000 bibit pohon produktif ditanam di lokasi rawan longsor tersebut.

“Penanam pohon diikuti sekitar 100 karyawan Accor Hotel bersama dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta,” kata Cluster Human Resources Manager Accor Hotels Solo Yuliana Indrasari, Kamis (21/4)

Penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian Accor Hotel terhadap kondisi lingkungan. Lokasi penghijauan yang dipilih termasuk daerah yang rawan longsor. Melalui kegiatan itu, karyawan diajak untuk peduli lingkungan. Bibit pohon yang ditanam mulai dari durian, pinus, sengon, rambutan dan mangga.

”Resapan air di wilayah ini memprihatinkan. Selain itu ada titik-titik yang rawan longsor. Dengan penghijauan ini diharapkan dapat mengembalikan kelestarian alam,” kata Yuliana.

Ditambahkan, pihaknya sengaja memilik bibit pohon keras dan produktif agar bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Setelah bibit pohon ditanam, perawatan diserahkan kepada masyarakat setempat.

”Total ada 3.000 bibit pohon, 500 bibit di antaranya merupakan sumbangan dari Perhutani. Sisanya dari 10 hotel yang ada di bawah jaringan Accor Hotels di wilayah Solo, Yogjakarta dan Semarang,” jelasnya.

Kepala Desa Bandar Dawung Suratno mengaku berterima kasih kepada Accor Hotel karena menghijauakan wilayahnya. Diakuinya, wilayahnya termasuk daerah rawan longsor. Bahkan warga Bandardawung sempat ada yang direlokasi karena terancama longsor tahun 2001 silam.

Wakil Administratur Perhutani Solo, Joni Andarhadi mengapresiasi langkah Accor Hotel yang peduli terhadap kelestarian alam. Menurutnya, upaya menjaga hutan di lereng Gunung Lawu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun diperlukan peran serta masyarakat dan pihak swasta.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge