0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan Solo Punya Lima Gedung Parkir

Suasana depan Pasar Gede yang lenggang akibat larangan parkir (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo berencana membangun gedung parkir di lima titik baru di Solo. Lima titik tersebut berada di Pasar Gede, di atas Kali Pepe, Balai Kota, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngipang. Pembangunan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir.

“Yang dua titik di Sriwedari dan Pasar Gede rencananya akan dibangun tahun ini. Sisanya tahun depan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perpakiran, M Usman, Kamis (21/4).

Rencananya, anggaran pembangunan dua titik tersebut akan diajukan di Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan. Sedangkan tiga titik lainnya akan diajukan pada RAPBD tahun 2017.

“Tapi untuk biaya penyusunan Detailed Engineering Design (DED) dan Amdal akan kita ajukan di RAPBD-P tahun ini,” terangnya.

Gedung-gedung parkir tersebut rencananya akan dibuat dengan sistem knock down (bongkar pasang) dengan konstruksi baja ringan. Konstruksi tersebut dinilai lebih murah dan mudah dalam pembangunannya. Sistem pengelolaan parkir elektronik ala pertokoan besar pun akan diterapkan untuk meningkatkan efisiensi.

“Jadi nanti biaya operasional bisa ditekan karena jumlah petugasnya tidak harus banyak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge