0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wah, Parkir di Solo Akan Digratiskan

timlo.net
Ilustrasi parkir (timlo.net)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menjadikan Solo sebagai kota dengan tarif parkir gratis pertama di Indonesia. Wacana tersebut akan segera digulirkan dengan mengimbau pelaku usaha yang memiliki lahan parkir untuk menghapuskan tarif parkir di tempat bisnis mereka.

“Bapak (walikota) mengarahkan dalam jangka waktu dekat, kita imbau dulu pelaku usaha. Jangka panjangnya akan kita gratiskan semua di Solo khususnya lahan parkir milik pemerintah,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran, M Usman, Kamis (21/4).

Wacana tersebut berawal dari pemikiran bahwa parkir merupakan sarana penunjang perekonomian. Berdasarkan pertimbangan itu, penerapan tarif parkir dianggap memperlambat laju perekonomian. Namun prakteknya, justru banyak pertokoan besar seperti mall yang melelang pengelolaan lahan parkirnya.

“Kalau tarif parkir digratiskan, pengunjung akan semakin banyak. Perekonomian juga otomatis ikut terdorong,” kata dia.

Ia mengakui saat ini Pemkot Solo belum bisa sepenuhnya melaksanakan rencana tersebut. Ada sejumlah kendala yang menghadang. Di antaranya keterbatasan lahan yang dimiliki Pemkot. Untuk mengatasi kendala tersebut, Pemkot Solo akan membangun lahan dan gedung parkir di Timur Pasar Gede dan Sriwedari.

“Jadi gedung-gedung parkir yang akan dibangung Pemkot nanti akan kita gratiskan,” terangnya.

Namun demikian, ia menegaskan, parkir di badan jalan (on street) tetap akan dikenakan tarif progresif. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan jalan sebagai lahan parkir sehingga tidak mengganggu lalu lintas.

“Jadi yang gratis hanya yang parkir off street (di luar badan jalan),” terangnya.

Ditanya mengenai teknis pelaksanaan rencana tersebut, Usman belum bisa menjelaskan secara rinci. Pasalnya, kebijakan tersebut masih digodok di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo.

“Nanti bentuknya imbauan kepada pelaku usaha seperti apa juga belum tahu. Masih kita kaji,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge