0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kartini, Perempuan Diajak Meningkatkan Kepedulian Lingkungan

Kantong belanja ramah lingkungan yang dibagikan Pemkab Klaten usai upacara Hari Kartini 2016 (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membagikan 2.000 kantong belanja usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4) di Alun-alun Klaten. Diharapkan, para perempuan ikut terlibat dalam melestarikan lingkungan serta memerangi penggunaan kantong belanja plastik.

“Dengan memakai kantong ramah lingkungan, diharapkan penggunaan plastik kresek akan berkurang,” kata Wakil Bupati (Wabup) Klaten Sri Mulyani, Kamis (21/4).

Menurut dia, ada tudingan perempuan itu tukang bikin sampah. Setiap kali berbelanja kemudian memasak makanan, pasti menghasilkan sampah.

Maka, ujar Mulyani, momentum peringatan Hari Kartini tahun 2016 para perempuan diajak untuk meningkatkan kepedulian pada lingkungan. Salah satunya dengan aksi nyata ikut mengurangi penggunaan sampah plastik. Hal ini sebagai bentuk kelestarian lingkungan sekaligus untuk menyambut peringatan Hari Bumi.

“Tujuannya tentu saja mengurangi produksi sampah plastik. Pasalnya, seperti kita ketahui bersama, sampah masih menjadi masalah yang hingga kini sedang dicarikan solusi lewat bank sampah atau daur ulang,” ujar dia.

Dalam upacara yang dipimpin oleh Wabup itu dihadiri sekitar 2000 peserta dari berbagai instansi. Para wanita mengenakan kebaya dan kain batik, sedangka para pria mengenakan beskap kejawen jangkep. Tidak hanya berpakaian Kejawen, prosesi upacara mulai dari pembawa acara sampai sambutan dilakukan dalam Bahasa Jawa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge