0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cafe Library, Konsep Usaha Mahasiswi FMIPA UNS

Susantini (kiri) (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Berawal lantaran memiliki hobi membaca dan membeli berbagai macam buku, setelah terkumpul banyak, mencoba untuk dijual kembali, salah satunya ditawarkan melalui online.

“Sejak mulai ada pembeli, kemudian saya mencoba memadukan dengan jualan kopi. Tapi secara online,” jelas mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Susantini, Rabu (21/4).

Sebagai mahasiswi, Susantini mengaku dalam mengembangkan usaha. Ia kemudian memanfaatkan Program Mahasiswa Wirausaha (PWM) yang ditawarkan Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS.

“Tahun 2015, saya ikut PWM. Setelah melalui seleksi PWM, saya mendapat bantuan modal sebesar Rp 6 juta,” ungkapnya.

Bermodalkan dana sebesar itu, kata Susantini, mendirikan sebuah toko sekaligus cafe dengan konsep Cafe Library. Yakni menjual buku sekaligus menjual minuman kopi.

“Orang bisa membeli buku di tempat sambil minum kopi,” ujarnya.

Cafe Library ditata sebagai toko dengan desain layaknya sebuah rumah baca, lengkap koleksi buku untuk bacaan pengunjung dan ruangan sedemikian rupa bisa untuk menikmati suguhan minuman kopi. Sehingga selain untuk menarik pengunjung membeli buku, juga menikmati sajian kopi.

Konsep itu ternyata mampu mendongkrak penjualan buku sebanyak 110 eksemplar hingga 200 eksemplar buku perbulan pada awal didirikan Cafe Library.

“Bahkan bisa meraih keuntungan sekitar Rp 2 juta perbulan,” ungkap mahasiswi semester 8 ini.

Kini Cafe Library, menurut Susantini, juga dilengkapi makanan berkolaborasi dengan rekan-rekan mahasiswa lainnya. Sambil makan bisa memilih dan membaca buku sebelum dibeli. Jenis buku yang banyak terjual yakni buku-buku kontroversi dan sejarah.

“Untuk buku, tentu saja lebih murah dibanding toko buku pada umumnya,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge