0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Terhindar dari Osteoporosis? Lakukan Cara Ini

dr Iin Novita NM MSc SpPD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Wanita memang rentan beresiko terkena osteoporosis. Apalagi mereka yang telah memasuki menopause. Karenanya wanita hingga usia 20 tahun musti dimaksimalkan untuk menambah kepadatan tulangnya.

“Jadi hingga usia 20 tahun, hendaknya para wanita dimaksimalkan makanan-makanan bergizi, olahraga, jangan merokok, minum-minuman berakohol, supaya kepadatan tulangnya bisa maksimal,” jelas dr Iin Novita NM MSc SpPD saat tampil talkshow “Tulang Sehat di Hari Tua”, dalam memperingati Hari Kartini di RS PKU Muhammadiyah Solo, Kamis (21/4).

Karena, lanjut Novita, usia 20 tahun hingga 40 tahun kepadatan tulang tidak menambah. Tetapi bertahan. Sehingga yang perlu dilakukan adalah hidup sehat. Setelah usia 40 tahun, kepadatan tulang akan menurun dengan sendirinya.

“Karena itu, di usia 20 tahun hingga 40 tahun harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama wanita,” jelasnya.

Novita mengingatkan kepada wanita, kebiasaan merokok dan minum alkohol akan mempercepat pengeroposan tulang. Selain itu, kurangnya aktivitas, salah satunya olah raga juga akan menurunkan kepadatan tulang.

“Justru di usia tua hendaknya tetap beraktivitas,” ujarnya.

Untuk soal makanan, menurut Novita, untuk menjaga kesehatan tulang hendaknya makan makanan sayur secukupnya. Disamping itu juga ditambah makanan bergizi dan pasokan makanan yang mengandung vitamin D.

Novita mengatakan, kasus osteoporosis yang menimpa kaum perempuan, ada dua sifatnya, primer dan sekunder. Primer adalah hanya terkena osteoporosis semata dan tidak ada penyakit lain. Tetapi sekunder, karena ada penyakit lain yang mengakibatkan osteoporosis, seperti kanker. Kalau ada penyakit lain, maka harus diobati penyakit lainnya yang menjadi dasar penyebar osteoporosis.

“Dan yang tak kalah pentingnya adalah general checkup sekitar dua tahun sekali,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge