0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Gede Bakal Punya Lahan Parkir Empat Lantai

Pasar Gede Solo (dok.timlo.net/heru)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo berencana membangun lahan parkir bertingkat di Pasar Gede dalam waktu dekat. Pasar yang berada di tengah Kota Solo itu dirasa masih kekurangan lahan parkir akibat penataan kota beberapa waktu lalu.

“Selama ini orang belanja ke Pasar Gede parkirnya terpaksa agak jauh. Ini kita buatkan di dekat pasar supaya lebih nyaman,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat, Rabu (20/4).

Menurut rencana, arena parkir di Pasar Gede akan dibangun di jalan sebelah Timur Pasar Gede. Dengan tinggi 4 lantai, arena parkir tersebut ditargetkan mampu menampung 200 mobil dan ribuan kendaraan bermotor. Titik parkir tersebut sengaja dibuat dengan kapasitas tinggi lantaran di kawasan tersebut terdapat cukup banyak toko dan warung.

Desain lahan itu juga dibuat dengan sistem knock down alias bongkar pasang sehingga tidak merusak bangunan pasar yang termasuk benda cagar budaya itu. Selain itu, desain knock down memiliki kelebihan bisa dipindah ke tempat lain bila diperlukan.

Targetnya, proyek tersebut dapat terlakasana tahun ini. Saat ini, Dishubkominfo pun tengah mengebut proses perencanaan lahan parkir tersebut sehingga dapat diusulkan dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Ini masih tahap perencanaan. Luas lahan dan daya tampung pasti baru akan kita ukur jadi belum ada angka pasti,” terangnya.

Masalah lahan parkir di Pasar Gede mencuat setelah lahan parkir sepeda motor di Barat pasar dihilangkan. Akibatnya, warga yang hendak berbelanja harus memarkir motornya di tempat lain yang lebih jauh.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge