0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disperindag Gandeng Linmas Untuk Amankan LPG Subsidi

Petugas Disperindag saat pantauan dilapangan (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo gandeng petugas perlindungan masyarakat (Linmas) Kecamatan untuk memantau LPG bersubsidi 3 kilogram. Hal itu dilakukan untuk menghindari permainan harga yang dilakukan para pengecer.

“Jika nanti ada laporan bahwa harga LPG bersubsidi tersebut melebihi dari HET atau Rp15.500. Kita akan terjunkan tim kelapangan, termasuk menegur pengecer yang bersangkutan,” ujar Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Solo, Teguh Puji Harjanto kepada wartawan, Rabu (20/4).

Dikatakan dia, Disperindag dengan Pertamina telah menjamin pasokan LPG 3 kilogram tahun ini aman. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan seperti tahun sebelumnya.

“Bahkan untuk tahun ini jumlah pasokan LPG 3 kilogram ditambah 8-13 persen jika dibanding tahun lalu. Sehingga untuk ketersediaan barang dijamin aman,” jelasnya.

Selain bekerjasama dengan Linmas, Teguh juga menyampaikan ada aturan baru soal distribusi yang harus dipatuhi oleh setiap agen. Yaitu dari jumlah pasokan yang diterima, 40 persen untuk kebutuhan rumah tangga, 30 persen UKM dan 30 persen pengecer.

Untuk memastikan proses distribusi itu, setiap pembelian yang dilakukan konsumen harus mengisi biodata dan membawa KTP.

“Jika ditemukan ada agen yang nakal atau tidak mematuhi aturan, maka pihak Pertamina akan menyetop pasokan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge