0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BLH Bentuk Satgas Penghematan Energi

Widdi Srihanto (dok.timlo.net/red)

Solo — Menyambut Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo mengkampanyekan Gerakan Hemat Energi dan Air di jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo. Untuk memastikan gerakan tersebut efektif, BLH akan membentuk satuan tugas (Satgas) Penghematan Energi yang memonitor dan mengevaluasi penggunaan sumber daya energi dan air di lingkungan Pemkot Solo.

“Nanti akan kita deklarasikan pembentukan satgas itu pada waktu acara peringatan Hari Bumi,” kata Kepala BLH, Widdi Srihanto, Rabu (20/4).

Satgas yang akan dibentuk itu bertugas mencegah pemborosan air dan listrik di kantor-kantor Pemkot Solo. Sebelum pulang, anggota satgas bertanggung jawab memeriksa lampu-lampu dan keran di lingkungan kerjanya sudah dimatikan bila tidak terpakai. Ia juga berkewajiban melaporkan konsumsi listrik dan air di instansinya kepada BLH.

“Jadi nanti bisa kita lihat ada penghematan atatu tidak. Kalau tidak ada, akan ada peringatan atau pembinaan dari BLH,” kata dia.

Ia menerangkan, anggota satgas adalah salah satu pegawai yang ditunjuk oleh masing-masing unit kerja atau instansi. Setidaknya ada satu orang yang menjadi anggota satgas dari setiap instansi.

“Menyesuaikan kebutuhan. Misalnya Dinas Pendidikan membawahi UPTD dan sekolah-sekolah. Berarti nanti anggota satgasnya lebih banyak,” urainya.

Diakuinya, selama ini BLH tidak pernah memonitor penggunaan sumber daya alam seperti listrik, air, telefon, bahan bakar minyak (BBM) di lingkungan Pemkot Solo. Inisiatif gerakan penghematan energi dan air ini pun baru akan dilaksanakan setelah adanya lomba hemat energi dan air tingkat provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan 25 April mendatang.

“Harapannya, setelah ini konsumsi energi dan listrik di lingkungan Pemkot Solo bisa turun cukup signifikan sehiingga bisa lebih ramah lingkungan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge