0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditagih Dokumen Pembangunan TPA, Ini Jawaban DPU

timlo.net/aditya wijaya
Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten, Anwar Sodiq (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten menegaskan, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang akan dibangun di Troketon bukan untuk membuang dan menumpuk sampah. Bahkan pengolahan sampah dilakukan lebih modern dengan bantuan teknologi dari Jerman.

“Nantinya sampah tidak semuanya masuk disana (TPA Troketon). Kami akan bangun bertahap, awalnya 500 meter persegi, nanti juga disediakan alat-alat untuk memproses sampah,” kata Kabid Pertamanan dan Kebersihan DPU ESDM Klaten, Anwar Shodiq, Rabu (20/4).

Mengenai tuntutan warga penolak TPA Troketon yang menagih dokumen dasar hukum ijin pembangunan TPA sesuai aksi demo awal Maret lalu, Sodiq mengaku sudah menyerahkannya ke Kantor Kecamatan Pedan. Namun demikian, pihaknya memang belum mensosialisasikannya ke masyarakat.

“Sosialisasi belum dilakukan karena saat ini memang belum ada pembangunan. Tahapnya masih mematangkan detail enginerring design (DED),” ungkapnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya masih mengupayakan pembebasan lahan. Kebutuhan lahan TPA Troketon mencapai 9,464 hektar dan sudah dibebaskan 3,2 hektar. Adapun pembangunan fisik direncanakan mulai Juli mendatang.

”Kalau nanti mau bangun tidak bisa ya koordinasi dulu dengan DPRD. Daripada kontrak lalu menjadi masalah. DED jalan terus. Kalau disetujui ya disana, kalau engga ya tidak apa-apa,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge