0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah Lapang Iklim Bagi KKN UNS 2016 Dibuka

timlo.net/eko prasetyo
sekolah iklim (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Sekolah Lapang Iklim tahap ke-2 bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sebelas Maret (UNS) 2016 digelar di Gedung Pusdiklat UNS, Solo, Rabu (20/4). Acara dibuka oleh Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kemeristek Dikti Muhammad Dimyati.

“Sekolah lapang iklim hasil inovasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan diupayakan menjadi satu paket kebijakan yang dapat dilembagakan melalui pengabdian masyarakat di perguruan tinggi,” kata Dimyati.

Menurut Dimyati, membahasakan iklim dengan bahasa praktis agar dipahami masyarakat Indonesia yang sebagian besar petani merupakan keahlian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang harus diselamatkan.

Dimyati mengatakan, akan melakukan koordinasi bersama jajarannya, terkait inovasi BMKG dan UNS, yang dapat menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang menginisiasi Sekolah Lapang Iklim (SLI).

Pada kesempatan itu, Kepala BMKG Andi Eka Sukaya mengatakan, sejak tahun 2011, pihaknya mengenalkan Sekolah lapang Iklim untuk menjembatani hasil amatan dan prediksi BMKG, agar dapat dimanfaatkan petani untuk menentukan komuditas dan waktu yang tepat memulai menanam.

Sementara itu, Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi menyatakan, UNS merupakan Perguruan Tinggi pertama di Indonesia bermitra dengan BMKG dalam penyelenggaraan Sekolah lapang Iklim.

SLI tahap ke-2 berlangsung selama 4 hari (19-22/4/2016) diikuti 52 peserta , selain Mahasiswa KKN UNS tahun 2016 juga Petugas Penyuluh Lapangan PPL serta Dosen dengan Instruktur dari BMKG dan UNS Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge