0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

CBT Tidak Untuk Pilihan Campuran SBMPTN 2016

timlo.net/eko prasetyo
Sunardi (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 akan dimulai tanggal 25 April 2016 mendatang. Pendaftar bisa mengambil pilihan IPA ataukah IPS ataukah Campuran keduanya (IPC) . Peserta seleksi bisa memilih menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau Paper Based Test (PBT).

“Meskipun ada pilihan penggunaan sistem seleksi, namun sistem CBT tidak untuk pilihan campuran atau IPC,” jelas Sekretaris Eksekutif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Sunardi kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Kentingan Solo, Rabu (20/4).

Untuk peserta yang menggunakan sistem CBT di UNS, menurut Sunardi, kali ini dibatasi, hanya 104 pendaftar saja. Tetapi untuk yang sistem PBT, tidak ada pembatasan jumlah pendaftar. Untuk sistem PBT, UNS mentargetkan 21.000 pendaftar.

Sunardi mengatakan, proses pendaftaran baik yang menggunakan sistem CBT maupun CBT tidaklah berbeda. Termasuk pendaftaran melalui online, biaya pendaftaran keduanya juga sama.

“Bedanya hanya ada 26 perguruan tinggi yang menggunakan CBT. UNS termasuk yang menggunakan sistem CBT,” jelasnya.

Bahan soal antara CBT atau PBT, enurut Sunardi, tidak berbeda, tetapi setara. Baik kualitas maupun kuantitasnya. Termasuk peluang untuk diterima juga sama, dengan standar nilai yang sama pula.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge