0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Buat Grup WA di Wilayah Ini Harus Minta Izin

Dok: Timlo.net/ Mashable.
Aturan pemerintah India. (Dok: Timlo.net/ Mashable.)

Timlo.net —¬†Walaupun WhatsApp (WA) memperkenalkan fitur enkripsi end-to-end kepada para pengguna dua minggu lalu, para pengguna di wilayah Kupwara, di negara bagian Jammu dan Kashmir di India Utara perlu meminta izin pemerintah untuk membuat grup chat di aplikasi itu.

Untuk membuat grup di WA, masyarakat harus meminta izin dan setiap grup yang diberi izin akan diawasi oleh pihak berwenang. Alasannya untuk mencegah terjadinya provokasi di antara para pemuda dan mencegah gangguan ketertiban dan keamanan.

Kupwara sendiri memiliki jam malam setelah protes yang diwarnai kekerasan selama seminggu. Penyebab protes ini adalah dugaan pelecehan yang dilakukan seorang tentara India terhadap seorang gadis di kota Handwara. Lima penduduk tewas dalam bentrokan dengan penegak hukum dalam protes itu.

Pembuat dan pengurus grup di WhatsApp juga akan dianggap bertanggung jawab untuk konten yang diposting dalam kelompok mereka terutama untuk konten yang dianggap memprovokasi protes. Negara bagian itu juga menyatakan jika tindakan keras akan dilakukan kepada warga yang melawan aturan ini. Para pegawai pemerintah juga diminta untuk tidak berkomentar terhadap kebijakan pemerintah terkait WhatsApp.

Setelah protes selama seminggu itu, pemerintah negara bagian Jammu dan Kashmir mematikan internet untuk ponsel selama enam hari. Internet dinyalakan pada 18 April lalu. Jammu dan Kashmir berada di batas antara India dan Pakistan dan seringkali mengalami kekerasan semenjak 1989. Selama beberapa tahun ini, ada beberapa peristiwa yang menyebabkan sosial media dan internet diblokir setelah adanya protes dan sebagai pencegahan.

Sumber: Mashable.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge