0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Museum Radya Pustaka bakal Digelontor Dana Rp 2 Miliar

dok.timlo.nwt/achmad khalik
Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan, Harry Widianto (dok.timlo.nwt/achmad khalik)

Solo – Pemerintah pusat melalui Direktorat  Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menjanjikan dana untuk pengelolaan Museum Radya Pustaka sebesasr Rp 2 miliar. Rencananya, dana segar tersebut akan segera cair dalam tahun ini.

“Dana ini digunakan untuk revitalisasi manajerial Museum Radya Pustaka,” terang Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Harry Widianto, Rabu (20/4).

Dikatakan, pemerintah pusat sangat menperhatikan perkembangan museum  di Indonesia. Tercatat, terdapat 400an museum tersebar di Indonesia, baik milik pemerintah maupun milik swasta. Kepedulian terhadap benda purbakala, juga tertuang dalam payung hukum UU No.11/2010 tentang Cagar Budaya. Sehingga, tanpa memandang museum itu milik siapa pemerintah memiliki tanggung jawab melestarikan benda-benda bersejarah tersebut.

“Tahun 2013 lalu pemerintah telah mengucurkan dana untuk revitalisasi fisik. Untuk kali ini berbeda, digunakan untuk revitalisasi manajerial,” terang Harry.

Dana yang cair ini, lanjutnya, dapat digunakan untuk menggaji sebanyak 13 orang karyawan di Museum Radya Pustaka. Diharapkan, dengan turunnya dana tersebut dapat digunakan sebaik mungkin oleh pengelola museum supaya museum tertua di Indonesia tersebut tetap eksis.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge