0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Modus Baru Penggelapan Mobil

Ilustrasi pencurian mobil (merdeka.com)

Solo — Polisi mewaspadai tindak kejahatan penipuan dan penggelapan mobil atau motor dengan modus baru. Modus ini kerap terjadi di kota besar, dan baru-baru ini juga terjadi di Kota Solo.

“Modusnya adalah dengan berpura-pura membeli mobil atau motor second┬ádari dealer,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Laweyan, AKP Agus Pamungkas, Rabu (20/4).

Aksi penipuan ini biasanya diawali dengan datangnya pelaku yang berpura-pura untuk membeli mobil. Kemudian pelaku akan meminta untuk mencoba mobil tersebut. Dalam mencoba mobil pelaku biasanya tidak mau didampingi oleh pihak dealer. Kemudian mobil itu akan digelapkan oleh pelaku.

“Untuk meyakinkan pemilik dealer, biasanya pelaku akan meninggalkan sepeda motor miliknya di halaman dealer. Padahal kebanyakan sepeda motor itu juga hasil kejahatan,” kata dia.

Bahkan, menurut AKP Agus, pelaku juga tak segan-segan untuk mengajak seorang anak yang tidak dikenal untuk kemudian ditinggal di dealer. Hal ini merupakan tipu daya pelaku untuk mengelabuhi pemilik dealer.

“Kadang pelaku juga mengajak anak, yang tak dikenal dengan diiming-imingi sejumlah uang. Kemudian anak itu diajak ke dealer,” paparnya.

Modus ini, beberapa waktu terungkap, setelah petugas menangkap seorang tersangka berinisial TC (56). Saat ini kasusnya telah dilimpahkan ke pengadilan.

“Saya mengimbau untuk tetap waspada dengan modus baru ini. Sebaiknya pihak dealer mendampingi pelanggan yang akan mencoba mobil yang akan dibeli,” tegas Kanit Reskrim.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge