0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sunday Market Bakal Dipindah ke Alkid

foto: Rosyid
Dari kiri, Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Subagyo; Wakil Raja PB XIII, KGPH Puger; dan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo usai meninjau lokasi di Alun-alun Kidul (foto: Rosyid)

Solo – Lokasi baru untuk menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) Sunday Market Manahan semakin mengerucut ke Alun-alun Kidul (Alkid), kawasan Keraton Kasunanan Surakarta. Wacana tersebut semakin menguat setelah Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau lokasi, Selasa (19/4).

“Di sini kandidat paling kuat. Kita kan tidak punya pilihan lain,” kata dia di sela-sela kunjungannya di Alkid.

Kendati tidak memegang data konkrit tentang jumlah PKL di Sunday Market Manahan, pria yang akrab disapa Rudy itu yakin Alkid bakal mampu menampung semua pedagang yang 80 persennya merupakan pedagang dari luar Kota Solo.

Pasalnya, tanah lapang tersebut dirasa masih cukup luas meskipun sudah banyak yang berjualan di sana.

“Warga dari daerah lain silahkan saja kalau mau mencari rezeki di Solo. Asal mau ditata,” tegasnya.

Terkait PKL yang resah karena kabar relokasi tersebut, ia mengimbau agar mereka tidak khawatir. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal melengkapi fasilitas umum di kawasan tersebut. Saat ini, sudah ada fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) di sudut Tenggara Alkid.

Rencananya, Pemkot Solo bakal menambah lagi MCK dan pasokan air bersih di Alkid.

“Jadi tidak usah resah. Alkid ini memang kita rencanakan jadi salah satu destinasi wisata di Solo,” kata dia.

Lebih lanjut, ia menerangkan PKL di Alkid akan dikelompokkan menurut jenis dagangannya. Sehingga nantinya akan ada kawasan kuliner, suvenir, mainan, dan lain sebagainya.

Tak hanya merelokasi PKL, Rudy juga menjanjikan Bahkan ia bermaksud menjadikan Alkid sebagai salah satu destinasi wisata di Solo.

“Sekalian nanti pengunjung bisa lihat Kebo Kyai Slamet yang terkenal itu,” kata dia.

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan kapan pemindahan Sunday Market dari Manahan ke Alkid. Masih ada sejumlah langkah yang harus dilewati seperti sosialisasi di pedagang-pedagang Sunday Market.

“Nanti kalau sudah pasti, baru akan kita sosialisasikan. Ini kan masih melihat-lihat situasi,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge