0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dyah Gabung DPRD, Komposisi Perempuan Sudah 30 Persen

dok.timlo.net/achmad khalik
Dyah Retno Pratiwi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Setelah Dyah Retno Pratiwi resmi dilantik menjadi angota dewan pada Selasa (19/4), angka representasi perempuan di gedung DPRD Solo mencapai 30 persen. Total keseluruhan anggota dewan mencapai 45 anggota dengan jumlah anggota perempuan mencapai 12 anggota.

“Dengan masuknya Dyah Retno Pratiwi ini, lengkap sudah quota 30 persen anggota dewan diwakili oleh perempuan,” terang Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa.

Berdasarkan perhitungan secara cermat, kata Teguh, 30 persen dari 45 anggota dewan berjumlah 13,5 kursi. Namun, angka tersebut dibulatkan menjadi 13 kursi. Dengan dilantiknya Dyah Retno Pratiwi maka total kursi yang diisi anggota dewan perempuan mencapai 13 orang.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan kader partai yang menduduki kursi legislatif memiliki tugas untuk melayani masyarakat. Tiga tugas sesuai amanat undang-undang, lanjut Rudy, harus dilakukan dengan baik yaitu fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Melihat sosok Dyah yang baru dilantik, Rudy optimis dapat segera menyesuaikan diri meski kiprah di dunia politik praktis masih minim.

“Politik itu kan tidak harus di partai, dia sebagai dosen itu juga kegiatan politik sehingga tidak benar jika dikatakan tidak berpengalaman,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge