0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buru Dua Napi yang Kabur, Rutan Boyolali Gandeng Polisi

Jumlah petugas Rutan Boyolali tidak sebanding dengan jumlah warga binaan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Upaya pengejaran dua narapidana (Napi) yang kabur terus dilakukan pihak Rutan Boyolali bekerjasama dengan Polres Boyolali. Pencarian kedua Napi yang kabur melibatkan beberapa tim. Saat ini, tim melakukan pencarian ke lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian kedua napi.

“Masih kita lakukan pengejaran, ruang geraknya terus kita persempit,” kata Kasat Pengamanan Rutan Boyolali, Drs Fachtur, Selasa (19/4).

Di sisi lain, dua Napi yang kabur, Mulyanto (39) warga Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo, dan Sukino (32), asal Dukuh Banger Karang RT 01 / RW 02, Desa Mojosari, Kecamatan Karanggede, terancam hak mereka sebagai Napi dicabut. Hak tersebut seperti remisi, asimilasi dan pembebasan bersyarat.

“Haknya terancam dicabut karena melakukan pelanggaran berat,” tambahnya.

Tidak hanya itu, bila nantinya kedua Napi tersebut tertangkap maka tidak akan langsung dimasukkan ke dalam kamar tahanan. Namun, mereka akan ditempatkan di ruang isolasi, minimal 6 hari. Selama isolasi, mereka akan mendapatkan pembinaan.

“Minimal 6 hari, namun bisa bertambah,” ujarnya.

Sementara terkait dengan pengamanan di Rutan Boyolali, diakui, sistem penjagaan sudah tidak ideal dengan kondisi Rutan. Sehingga menjadi celah bagi Napi untuk kabur. Selain itu, jumlah petugas rutan dengan penghuni rutan, baik napi atau tahanan tidak sebanding. Kondisi saat ini, warga binaan berjumlah 124 orang, sedangkan satu shift penjagaan hanya ada 3 sipir. Terkait bangunan, tinggi tembok rutan idealnya 8 meter, namun di Boyolali hanya 3 meter.

“Kondisi ini sudah kita laporkan ke Kemenkumham Jateng,” tambahnya.

Sementara itu, selain mengejar Mulyanto dan Sukirno, Rutan juga masih memiliki tugas mengejar narapidana yang kabur bulan Februari 2015 lalu, Eko Purnomo, Napi kasus penadahan. Modus yang dilakukan sama, kabur dengan memanjat tembok.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge