0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aksi Vandalisme Menjamur, Ini Ancaman Hukumannya

dok.timlo.net/aditya wijaya
Polres Klaten bersama jajaran Muspida Klaten menggelar focus group discussion (FGD) terkait aksi vandalisme, Selasa (19/4) (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Polres Klaten bersama jajaran Muspida Klaten menggelar focus group discussion (FGD) terkait aksi vandalisme, Selasa (19/4), di Mapolres Klaten. Pasalnya, aksi corat-coret tak bertanggung jawab itu sudah meresahkan warga masyarakat Klaten.

“Aksi vandalisme jarang sekali tertangkap sebab dilakukan pada malam hari. Maka pemerintah daerah, TNI serta relawan perlu bergandengan tangan untuk menindaklanjuti aksi yang merusak keindahan dan merugikan aset negara maupun pribadi ini,” ujar Wakapolres Klaten Kompol Hendri Yulianto.

Menurut Wakapolres, menjamurnya aksi vandalisme perlu menjadi perhatian khusus. SKPD terkait serta para camat diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat hingga kalangan pelajar agar meminimalisir aksi corat-coret tersebut.

“Sebagai efek jera, nanti akan diberlakukan sanksi bagi pelaku yang tertangkap. Karena perbuatan itu melanggar Perda No 12 tahun 2003 tentang K3 (kebersihan, ketertiban, dan keindahan) dengan sanksi 3 bulan kurungan dan denda Rp 30 juta,” imbuh Kompol Hendri Yulianto.

Selain diikuti pejabat utama Polres Klaten serta jajaran Kapolsek, dalam FGD itu tampak hadir Asisten 1 Bidang Tata Pemerintahan Bambang Sigid Sinugroho, Kodim 0723/ Klaten yang diwakili Kapten Supardi, Dinas Pendidikan, Dinsosnakertrans, Satpol PP, Senkom, BPBD, Orari, serta perwakilan LSM di Klaten.

“Ini persoalan lama dan banyak dilakukan remaja sekolah dan yang tidak sekolah. Sasarannya bisa rumah atau gedung pemerintahan. Tulisan sebenarnya bagus namun salah dalam menuangkannya,” tutur Bambang Sigid Sinugroho.

Untuk diketahui, pada akhir Maret lalu, sebanyak delapan remaja tertangkap basah mencorat – coret tembok warga Kampung Margomulyo, RT 1/11, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara. Akibatnya, mereka dihukum dengan membersihkan ulang hasil corat-coretannya itu.

caption foto : Forum Group Discussion (FGD) terkait aksi vandalisme di Mapolres Klaten. Dok Foto Humas Polres Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge