0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Memakai Celana Dalam Saat Tidur, Buruk Bagi Kesehatan

Celana dalam RadiaShield. (Dok: Timlo.net/ DNAIndia.com.)

Timlo.net—Kebanyakan orang tidur memakai piyama atau bagi para pria hanya memakai celana saat cuaca panas. Tapi ternyata, menurut para ahli memakai celana dalam saat tidur ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Para ahli berkata jika lebih baik orang tidur tanpa mengenakan celana dalam di malam hari supaya bagian di alat kelamin kita bisa bernafas dan menghindari infeksi. Bakteri bisa berkumpul di bagian intim tubuh, terutama jika area itu mengeluarkan terlalu banyak keringat.

Dan hal ini lebih berpengaruh pada pria dibandingkan wanita sehingga bisa mempengaruhi kesuburan para pria. Dr. Alyssa Dweck yang bekerja di bidang ginekologi untuk beberapa rumah sakit dan pusat kesehatan di Kota New York, menulis tentang masalah ini.

Dia berkata, “Saya seringkali meminta para pasien untuk tidur tanpa celana dalam. Wilayah ini seringkali tertutup terutama oleh kain yang tidak memiliki fungsi untuk menyerap cairan, sehingga menjadi area berkembang biak yang ideal bagi bakteri atau jamur.”

Hal ini bisa menyebakan gesekan, iritasi dan infeksi kulit yang parah. Kondisi ini bisa berbahaya untuk para wanita yang berkeringat di malam hari selama menopause. Dr. Dweck berkata jika orang tidak nyaman untuk tidak memakai celana dalam saat tidur, mereka bisa memakai baju longgar.

Dr. Brian Steixner, direktur dari the Institute of Men’s Health di Jersey Urology Group di Amerika Serikat (AS) memperingatkan jika pria yang tidur memakai boxer atau celana dalam bisa mengalamai masalah dengan kualitas sperma karena alat kelamin mereka menjadi terlalu hangat di malam hari.

“Bagian alat kelamin Anda perlu suhu yang tepat untuk memproduksi sperma dengan maksimal,” katanya.

Dia menambahkan, “Bakteri akan membuat wilayah kelamin tergesek atau teriritasi sehingga terinfeksi,” tambahnya.

Selain kesuburan, ada manfaat tambahan untuk tidur tanpa baju seperti mendinginkan tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Sumber: Daily Mail

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge