0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunung Klabat Penuh Sampah, Netizen Kesal

merdeka.com
Sampah di Gunung Klabat (merdeka.com)

Timlo.net – Pesona puncak Gunung Klabat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, ternoda oleh ulah para pendaki tidak bertanggung jawab. Sampah plastik dan kertas berserakan di beberapa jalur pendakian.

Kondisi sampah berserakan di puncak gunung itu diunggah akun Mandrex Badut Tse, di grup Forum Komunitas Pecinta Alam (FKPA) Sulut di dalam jejaring sosial Facebook, Senin (18/4).

Dalam unggahan itu, Mandex menyatakan kekesalannya terhadap ulah pendaki membuang sampah sembarangan. Dia pun meluapkan kekecewaan dengan menyebut Klabat sebagai salah satu gunung terkotor di tanah air.

“Nda usah dtg2 ke sini lbh baik…! Salah satu gunung terkotor di indonesia.. 1995mdpl mt’klabat…..dari beribu pendaki,..apakah anda membawa turun sampahmu kembali?… gunung extrim paling kotor…miris…..!” tulis Mandex.

Kekecewaan Mandex disambut komentar puluhan akun lain. Mereka mencibir ulah pendaki-pendaki tidak memiliki kesadaran lingkungan.

“Jangan melukai alam, karna ketika alam membalas akan lebih kejam,” tulis akun Rivo Paat.

Dari beberapa foto diunggah Mandex, terlihat sampah-sampah plastik dan kertas dibiarkan berserakan mengotori lokasi pendakian. Tak ada upaya mereka membersihkan maupun mengangkut sampah dan dibuang pada tempatnya.

Diduga, sampah para pendaki tak bertanggung jawab itu berserakan usai kegiatan berkemah. Tak hanya sampah, sebuah foto memperlihatkan ada batu penuh coretan tangan jahil, dan menambah daftar kotornya wajah gunung itu.

“Napa lagi. Kreatif mar salah penempatan (Ini lagi. Kreatif namun salah penempatan), payah..,” tulis akun Enal Rey Harimisa.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge