0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana KUR BRI untuk Ritel Habis

ilustrasi kurs rupiah (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sementara waktu, BRI tidak menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk skala ritel. Alokasi anggaran untuk sektor usaha itu sudah habis.

KUR Ritel BRI sendiri merupakan kredit modal kerja dan atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur.

“Sudah lebih dari target. Di sini habis, Medan, Jogja juga habis,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga, Senin (18/4).

Puspayoga mengatakan, tingginya permintaan membuat anggaran KUR ritel lebih cepat terserap dari target yang ditentukan. Kebutuhan akan permodalan melalui akses KUR ritel diakuinya meningkat luar biasa mengingat banyak pelaku UKM yang naik kelas menjadi skala ritel.

“Kalau ini tidak diakomodir kan kesulitan kita, BRI akan kesulitan mengalokasikan anggaran ke ritel,” kata Puspayoga.

Kemenkop dan UKM pun mengajukan usulan penambahan anggaran KUR ritel sebesar Rp 7 triliun ke Komite Kebijakan. Usulan itu telah disampaikan sejak bulan Maret 2016 lalu. Usulan tambahan Rp7 triliun tersebut termasuk dari dana KUR Rp 100 trilun yang ditargetkan terealisasi tahun ini.

“Jadi memang seluruh Indonesia khususnya KUR ritel cabang-cabang BRI sudah banyak kehabisan, artinya Komite Kebijakan itu harus segera memutuskan,” tambah Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Braman Setyo.

Oleh Komite Kebijakan usulan tersebut sedang dikaji dan secara teknis akan dianalisa oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemenkop dan UKM berharap tambahan dana KUR ritel segera direalisasikan agar BRI bisa kembali menyalurkan plafond ritel ke nasabahnya di seluruh cabang di daerah.

“Karena kita sering ke lapangan melihat bahwa banyak nasabah-nasabah ritel itu yang tidak kebagian, sehingga sampai sekarang masih menunggu cukup lama, ini hampir 1 bulan setelah itu nunggu terusn,” jelas dia.

[hrs]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge