0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Wirausaha Itu Harus Pro Aktif

timlo.net/eko prasetyo
Eddy Tri Haryanto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Untuk menciptakan kemandirian, Universitas Sebelas Maret (UNS) mendorong mahasiswanya agar setelah lulus kelak tidak mencari pekerjaan tetapi menciptakan pekerjaan. Salah satu penciptaan pekerjaan itu adalah membangun usaha.

“Karena itulah, beberapa tahun belakangan ini UNS gencar menggalakkan Program Mahasiswa Wirausaha,” jelas Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakarta (LPPM) UNS, Dr Ir Eddy Tri Haryanto, Sabtu (16/4).

Eddy mengatakan, tujuan Program Mahasiswa Wirausaha adalah merubah pola pikir mahasiswa dari mencari pekerjaan menjadi mencipta pekerjaan.

“Golnya adalah menjadi mandiri sebagai pelaku bisnis,” ujarnya.

Menurut Eddy, usaha itu tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan umur. Karena itu, apabila mahasiswa memiliki usaha tidaklah tabu. Selama bisa membedakan mana yang urgent, mana yang penting. Urgent itu menjadi mahasiswa adalah belajar, lulus tepat waktu dan indeks prestasi baik. Tetapi di sela-sela waktu yang ada musti digunakan untuk beraktivitas yang menghasilkan dengan tujuan kemandirian.

Ketua PPKwu LPPM UNS mengatakan, untuk menjadi mandiri, orang harus pro aktif, apalagi kalau sudah memilih berwirausaha. Selain itu, orang juga harus selalu menjalin kerjasama, dan kerjasama itu adalah win win solution.

“Dengan orang lain itu berbagi. Tidak menang-menangan,” tandasnya.

Selain itu, juga harus melakukan pencerahan. Bahwa hidup itu harus mempunyai tujuan yang berarti bagi orang lain. Disamping memiliki semangat juang yang tinggi dan motivasi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge