0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kembali Buka, Museum Radya Pustaka Banjir Pengunjung

dok.timlo.net/ichsan rosyid
Museum Radya Pustaka (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Setelah beberapa hari tutup karena kesulitan biaya operasional, aktivitas di Museum Radya Pustaka kembali normal. Ada sekurang-kurangnya dua rombongan sekolah yang berkunjung ke museum itu, Sabtu (16/4).

“Tadi pagi ada rombongan dari SD Negeri Kleco 60 anak,” kata Juru Pelihara Museum Radya Pustaka, Fajar Suryanto usai mendampingi pengunjung SD.

Setelah kunjungan dari SD Negeri Kleco selesai, tampak beberapa pengunjung lain yang datang. Jumlahnya tidak banyak. Namun kira-kira pukul 12.30 WIB, tampak sebuah bus dari Purwokerto memasuki halaman parkir museum. Sebanyak 48 anak remaja keluar dari bus. Wajah mereka tampak mulai letih.

Setelah semua anggota rombongan turun dari bus, mereka berbaris di depan loket museum.Seorang pemandu menjelaskan tata tertib dan peraturan untuk pengunjung museum.

“Hari ini memang kebetulan ada jadwal kunjungan dari SMA Negeri 3 Purwokerto. Suratnya lama kita terima,” kata Fajar.

Sementara itu, Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, ST Wiyono menerangkan, setiap kunjungan dengan peserta dalam jumlah besar memang diminta untuk melayangkan surat pemberitahuan. Dengan demikian, Museum dapat mempersiapkan diri mengatur jadwal kunjungan.

“Supaya tidak tabrakan dengan rombongan lain. Kalau terlalu banyak pengunjung kan kita juga sulit melayani,” kata dia.

Guru Sejarah yang membimbing rombongan, Sumarsono menerangkan, pihaknya sengaja memilih museum sebagai tujuan wisata karena dinilai strategis dalam mempelajari sejarah dan budaya. Selain itu, wisata ke museum juga dirasa lebih bermanfaat dibanding ke taman-taman hiburan.

“Di museum ini kan banyak benda-benda peninggalan bersejarah di satu tempat. Jadi kita tidak perlu ke beberapa tempat untuk mengenal sejarah dan budaya kita,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge