0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

400 Mahasiswa UNS Ikut Seleksi Program Wirausaha

Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha 2016, di Aula Fakultas Pertanian UNS, Solo, Sabtu (16/4) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 400 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dari berbagai fakultas mengikuti Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha 2016, di Aula Fakultas Pertanian UNS, Solo, Sabtu (16/4). Sosialisasi ini merupakan kerjasama Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakarta (LPPM) dan Biro Administrasi Kemahasiswa dan Alumni UNS.

“Mahasiswa yang ikut tahun 2016 ini meningkat cukup signifikan dibanding tahun lalu. Tahun lalu hanya sekitar 250 mahasiswa,” jelas Ketua PPKwu LPPM UNS, Dr Ir Eddy Tri Haryanto kepada wartawan, di sela-sela kegiatan.

Edy mengatakan, dari 400 mahasiswa tersebut nantinya akan diseleksi hingga hanya tinggal 80 mahasiswa yang bisa ikut Program Mahasiswa Wirausaha (PWM) 2016. Ke 80 mahasiswa tersebut nantinya akan mengikuti pelatihan untuk kemudian mendapatkan bantuan modal, masing-masing sebesar Rp 6,4 juta.

Umumnya, kata Edy, mereka mahasiswa cenderung memilih menekuni wirausaha kuliner dan fashion. Biasanya memilih kedua usaha tersebut karena merupakan hajad hidup orang banyak. Meskipun ada usaha lain, seperti handycraft, jasa seperti Event Organiser, Bimbingan Belajar dan sebagainya. Kegiatannya macam-macam, dan sebagainya.

Edy mengatakan, setelah mengikuti sosialisasi, kemudian mendaftar. Setelah mendaftar, akan dilakukan seleksi termasuk proposal dan rencana bisnis. Mereka yang telah lolos seleksi dilanjutkan pelatihan meliputi hard maupun soft skill selama empat hari.

“Dilanjut praktek marketing selama dua bulan. Setelah itu dikasih modal usaha dan kita damping serta monitoring,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge