0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy Janji Tak Perpanjang Masalah Museum Radya Pustaka

dok.timlo.net/achmad khalik
Koleksi Museum Radya Pustaka Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memerintahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk segera menormalisasi kegiatan yang ada di Museum Radya Pustaka. Pasalnya sempat tersiar kabar bahwa museum tertua di Indonesia itu tutup lantaran gaji karyawan museum belum dibayarkan.

“Sudah. Kita sudah minta untuk dibuka kembali. Dana juga sudah kita kucurkan untuk kegiatan di sana agar normal kembali,” ungkap Walikota Hadi Rudyatmo, Sabtu (16/4).

Pria yang akrab disapa Rudy ini menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajarannya untuk segera mengatasi polemik ini. Dia mengaku juga segera bertemu dengan pihak Komite Museum.

“Hari ini sudah buka, kemudian nanti hari Selasa sudah mulai normal seperti biasa.” paparnya.

Rudy juga berjanji tidak akan memperpanjang masalah ini. Sebab, menurutnya, sesuai dengan Undang-undang No 11 tahun 2009 tentang Cagar Budaya pasal 98 mengatur tentang kewajiban pemerintaj pusat, provinsi, dan daerah, wajib merawat, mengamankan, dan menjaga benda atau situs cagar budaya.

“Dengan UU tersebut, maka ini kewajiban kita sebagai pemangku kebijakan. Tidak usah diperpanjang lagi persoalannya. Minggu depan normal,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge