0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Bercinta Termasuk Olahraga?

Dok: Timlo.net/ Telegraph.co.uk
Bercinta. (Dok: Timlo.net/ Telegraph.co.uk)

Timlo.net—Bercinta kadang-kadang terasa seperti berolahraga. Tapi apakah aktivitas ini bisa dimasukkan ke dalam aktivitas olahraga kita? Kenyataannya bercinta tidak hanya menjadi pengalaman yang menyenangkan tapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan yang bisa dibandingkan dengan manfaat olahraga. Bahkan respon tubuh saat bercinta mirip dengan saat berolahraga.

Sebuah penelitian pada 1960 menunjukkan jika saat orang bercinta, tingkat pernafasan, detak jantung dan tekanan darah mereka naik. Tanda-tanda ini juga terjadi pada tubuh saat orang berolahraga. Baru-baru ini, hasil penelitian ini diuji kembali oleh sejumlah penelitian dengan menggunakan cara yang lebih canggih, sehingga hasilnya lebih realistis.

Dan hasilnya mereka menemukan adanya peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah pada para peserta penelitian. Dibandingkan dengan olahraga, bercinta menimbulkan tingkat perubahan fisik hingga ke tingkat sedang, sekitar 75 persen dari perubahan fisik pada olahraga berat.

Tapi para peneliti melihat jika tingkat tekanan fisik saat bercinta tidak berlangsung secara terus menerus. Bercinta selama 33 menit, hanya menimbulkan perubahan fisik dalam tingkat rendah. Penelitian terkini pada pasangan di Kanada menunjukkan jika bercinta hanya menghabiskan energi setara dengan jalan-jalan santai.

Jadi apakah berhubungan intim termasuk olahraga? Jawabannya tergantung dari definisi olahraga itu. Jika olahraga dalam konteks perubahan fisik yang terjadi, maka berhubungan intim memang menyebabkan tubuh mengalami perubahan seperti yang terjadi saat orang berolahraga.

Tapi jika Anda percaya olahraga harusnya menyebabkan tubuh kita lebih sehat dalam jangka panjang, maka bercinta bukanlah olahraga. Hal ini karena kebanyakan orang bercinta tidak dalam waktu yang cukup lama atau sering sehingga fisik mereka mengalami perubahan dalam jangka panjang.

Selain itu belum ada penelitian yang melihat lebih dalam manfaat olahraga dan bercinta terhadap tubuh. Contohnya kesehatan otot merupakan komponen besar dalam kesehatan seseorang. Kita tahu jika kesehatan otot diperoleh lewat latihan resistansi dan olahraga lain. Tapi apakah berhubungan intim bisa memberikan manfaat yang sama terhadap kesehatan otot?

Selain itu, beberapa penelitian sebelumnya menyatakan adanya perbedaan respon antara pria dan wanita selama bercinta. Perbedaannya adalah pria lebih aktif secara fisik selama bercinta dibandingkan wanita. Sayangnya belum ada penelitian apakah posisi yang berbeda saat bercinta memerlukan energi yang berbeda.

Sumber: Daily Mail

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge