0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WN Afrika Ditangkap Saat Transaksi Sabu

Warga Afrika Selatan ditangkap BNNP Yogjakarta (merdeka.com)

Timlo.net — Badan Narkotika Nasional Provinsi Yogjakarta menangkap NL, seorang warga Afrika Selatan, yang menyelundupkan sabu seberat 688,7 gram senilai Rp 1,4 Miliar melalui Bandara Adi Sucipto Yogjakarta, Rabu (13/4). NL ditangkap setelah melakukan transaksi di sebuah hotel di Jalan Dagen, kawasan Malioboro, Kamis (14/4).

Kepala BNNP Yogyakarta, Soetarmono mengatakan, penangkapan berawal dari informasi BNN Pusat dan Bea Cukai, yang mengetahui NL membawa sabu dari Singapura ke Jakarta, melalui Bandara Soekarno-Hatta. BNN Pusat lantas melakukan Control Delivery, yakni dengan pengawasan mendapatkan jaringan narkotika lebih luas.

“Kalau ditangkap di bandara saat itu juga, yang ditangkap hanya satu orang. Kalau kita lepas, lalu diawasi kita bisa mendapatkan jaringan lainnya,” kata Soetarmono pada wartawan, Jumat (15/4).

Dari Soekarno-Hatta, NL kemudian bertolak ke Yogjakarta. Tiba di Yogjakarta, NL ditemui oleh AY, seorang mahasiswa asal Solo. Keduanya kemudian melakukan transaksi di hotel di Jalan Dagen.

Usai transaksi, AY kemudian berangkat ke Jakarta menggunakan kereta menemui IS. Sesampainya di sana, keduanya kemudian menyerahkan sabu kepada D di sebuah apartemen di Karawaci, Tangerang.

“AU, IS, dan D ditangkap di sana pada hari Kamis kemarin, sementara NL kita tangkap di Yogyakarta di hari yang sama. Kita amankan barang bukti berupa paspor asal Afrika Selatan, dan tiket pesawat dengan rute Afrika Selatan, Singapura, Jakarta, dan Yogjakarta,” ujar Soetarmono.

NL dijerat dengan pasal berlapis, yakni pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1, 113 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1, 112 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Dia terancam hukuman 20 tahun penjara.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge