0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelombang Tinggi dan Badai, BMKG : Nelayan Wajib Hati-Hati

Ilustrasi Gelombang tinggi (merdeka.com)

Timlo.net — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan nelayan untuk lebih berhati-hati saat melaut. Gelombang di perairan sekitar Sumatera Utara dan Aceh diperkirakan cukup tinggi.

Ketinggian gelombang laut di perairan Selat Malaka bagian Utara dan Samudera Hindia, sekitar Nias dan Aceh, mencapai tiga meter. Begitu juga dengan perairan Sabang. Kondisi ini diperkirakan masih terjadi hingga pekan depan.

“Ini tentu berbahaya bagi nelayan tradisional, terutama kapal kecil. Ada risiko yang besar saat gelombang laut tinggi, karena itu harus lebih hati-hati,” kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi, Jumat (15/4).

Sementara itu, angin di atas perairan Sumatera umumnya bertiup dari Barat Laut hingga Utara. Kecepatannya berkisar dua hingga 20 knot. Kencangnya angin juga berpengaruh dan dapat menambah tinggi gelombang.

BMKG menyatakan, Sumut sekitarnya masih dalam musim kemarau. Namun, hujan dengan intensitas ringan dan sedang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Karena kondisi ini, kami mengimbau para nelayan lebih berhati-hati dan harus selalu siaga melihat kondisi gelombang tinggi laut,” tandas Sunardi.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge