0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Luncurkan BBM Jenis Baru, Segini Harganya

merdeka.com
SPBU (merdeka.com)

Timlo.net — PT Pertamina (Persero) resmi mengeluarkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru jenis solar yaitu Dexlite. Solar jenis baru ini memiliki kualitas lebih baik dari solar subsidi yang dijual.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan harga yang dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan Pertamina Dex yang dijual Rp 8.600 per liter dan sedikit mahal daripada solar biasa Rp 5.150 per liter. Sehingga, dari segi penempatan, Pertamina Dex paling tinggi, Dexlite ada di tengah.

“Hari ini kami luncurkan sebuah karya baru yang kami harapkan lebih memberi manfaat. Ini produk kualitas (Pertamina) Dex dengan harga Lite (lebih murah). Dengan kualitas tersebut kami menjual dexlite Rp 6.750 per liter,” ujar Dwi di Jakarta, Jumat (15/4).

Dexlite memiliki angka Cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm atau lebih tinggi dibandingkan dengan solar dengan angka octane number 48 dan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm. Pertamina Dex yang dikenal sebagai produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia saat ini, memiliki angka octane number 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

“Sebagai pilihan produk baru, Dexlite memang memiliki kualitas di atas Solar, namun harga tetap terjangkau oleh konsumen dan ramah terhadap lingkungan. Dengan hadirnya Dexlite, Pertamina telah berkontribusi positif membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan Bahan Bakar Bersubsidi Solar,” kata dia.

Uji pasar akan dilaksanakan serentak di 33 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek setelah sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada personel SPBU mengenai produk Dexlite. Pada masa tes pasar, Pertamina menyediakan Dexlite sebanyak 10 KL hingga 15 KL per hari di masing-masing SPBU.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge