0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merapi Aktif Normal, Pendakian ke Puncak Tetap Dilarang

Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Balai Taman Nasional Gunung Merapi hingga saat ini masih melarang pendakian hingga ke puncak. Pendaki hanya diijinkan hingga pasar bubrah. Meski status Merapi aktif normal dan tidak ada ancaman erupsi.

“Belum dicabut,kalau misalnya ingin ke puncak harus mengajukan ijin dan kita lihat tujuanya untuk apa,” kata Kepala Resort Selo BTNG Merapi, Suwignya, Jumat (15/4).

Sementara itu, menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, pihaknya menghimbau kepada pendaki untuk lebih waspada. Terutama dengan ancaman badai, hujan deras dan angin kencang, yang sulit diprediksi. Pendaki diminta untuk mencari tempat yang aman bila terjadi badai, hujan dan angin kencang.

“Kondisi cuaca di atas tidak bisa diprediksi, pendaki yang harus meningkatkan kewaspadaan bila melakukan pendakian di musim seperti ini,” ujarnya.

Diakui, mesti larangan mendaki ke Puncak Merapi belum dicabut, animo pendaki ke Merapi masih sangat tinggi. Selain Hari Minggu, pendaki biasanya membludak saat musim liburan. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pendaki diwajibkan mendaftar ke pos pendakian sebelum melanjutkan ke Merapi.

“Harus melapor dulu, bila terjadi sesuatu, kita bisa cepat lakukan tindakan,” pungkasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge