0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Buka Prodi Pendidikan Profesi Insinyur

dok.timlo.net/info-kampus.com
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (dok.timlo.net/info-kampus.com)

Solo — Tahun Akademik 2016/2017 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Insinyur (PPI). Pembukaan Prodi tersebut untuk menindaklanjuti mandat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur ditarget mulai menerima mahasiswa baru Agustus 2016 mendatang,” ungkap Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi kepada wartawan, di Rektorat UNS, Solo, Jumat (15/4).

Ravik mengemukakan, Kemenristekdikti telah menunjuk 40 perguruan tinggi di Indonesia untuk membuka Program PPI, 25 di antaranya perguruan tinggi negeri, termasuk UNS, dan 15 perguruan tinggi swasta.

Menurut Ravik, UNS telah membentuk tim yang diketuai Dekan Fakultas Teknik (FT), untuk mempersiapkan penyelenggaraan program tersebut, di antaranya menyiapkan kurikulum, sumber daya manusia (SDM), hingga sarana dan prasarananya.

“Program itu didukung para pengajar, termasuk dosen yang saat ini sudah bergelar insinyur profesional,” ujarnya.

Sesuai persyaratan, kata Rektor UNS, salah satunya minimal ada enam dosen tetap. Saat ini sudah punya 17 dosen, baik itu yang bergelar Insinyur Profesional Madya (IPM) maupun Insinyur Profesional Utama (IPU)

“Program PPI tersebut harus ditempuh dalam dua semester dengan menempuh 24 sistem kredit semester (SKS),” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge