0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pagi Ini Museum Radya Pustaka Masih Tutup

timlo.net/ichsan rosyid
Gerbang masuk Museum Radya Pustaka tertutup rapat di jam operasional (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Museum Radya Pustaka di kompleks Taman Sriwedari Solo, lazimya buka mulai pukul 09 pagi hingga siang pukul 14. Namun, Jumat (15/4) museum tertua di Indonesia itu masih seperti kemarin, tertutup rapat.

“Saya memperkirakan Sabtu besok baru buka, saat itu nanti saya akan mengusulkan kepada teman-teman komite, kalau memang tidak mampu buka kita akan mengajukan surat ke Pemkot Solo bahwa kami akan tutup,” tutur salah satu anggote Komite Museum Radya Pustaka, ST Wiyono, semalam.

Surat pemberitahuan itu, menurut Wiyono perlu agar semua pihak mengetahui bahwa museum tidak buka, sehingga tidak mengecewakan pihak mana pun yang akan berkunjung.

Sepanjang pekan ini, Radya Pustaka hanya buka sehari. Penyebabnya, sejak Januari lalu Pemkot Solo menghentikan dana hibah yang merupakan sumber pemasukan utama museum. Akibatnya, sudah dua bulan ini hanya tiga dari 12 karyawan yang digaji. Bahkan, bulan depan diperkirakan museum sudah tak mampu lagi membayar listrik.

Berhentinya dana hibah karena aturan penerima hibah dari pemerintah haruslah lembaga berbadan hukum. Sejumlah pihak, termasuk Sekretaris Derah Kota Solo Rahmat Sutomo menyebut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bertanggung jawab untuk menangani kendala itu, dengan melakukan verifikasi dan mengusulkan Radya Pustaka layak menerima hibah.

Namun, Kamis lalu Kepala Dinas Eny Tyasni Suzana mengatakan pihaknya harus berhati-hati melakukan proses verifikasi, untuk menghindari kekeliruan.

Editor : Ari Kristyono

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge