0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Plat Merah AD1 39A Milik Badan Kehormatan DPRD Solo

timlo.net/achmad khalik
Daftar inventarisasi mobil dinas di DPRD Kota Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mobil dinas berplat merah AD 139 A yang menjadi perbincangan hangat di jejaring sosial facebook merupakan milik anggota Badan Kehormatan DPRD Solo, Maryuono.

“Plat AD 139 A saat ini dipegang oleh Bapak Maryuono selaku Badan Kehormatan DPRD Solo,” kata Kepala Sub Bag Rumah Tangga dan Perlengkapan, Yanik Palupi saat ditemui Timlo.net, Kamis (14/4).

Terkait plat nomer ‘nyentrik’ yang terpasang di mobil wakil rakyat ini, Palupi mengaku saat diserahterimakan sebagai kendaraan dinas kondisi kendaraan dalam keadaan standar. Termasuk plat nomer warna merah yang dipasang.

“Bukan seperti yang menjadi perbincangan saat ini (telah dimodifikasi-red),” katanya.

dok.timlo.net/heru murdhani/facebook

dok.timlo.net/heru murdhani/facebook

Sebelumnya diberitakan, sebuah mobil berplat merah, jenis Toyota Avansa warna hitam milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diketahui menggunakan plat nomor kendaraan yang dimodifikasi.

Foto pelanggaran mobil plat merah dengan nomor polisi AD 139 A itu diunggah ke facebook oleh akun Muhammad Syamsul Hadi, pada Kamis (14/4).

Modifikasi plat nomor tersebut dilakukan dengan memberikan spasi pada huruf dan angka yang berjajar di sana, sehingga menjadi AD1 39A.

Berdasarkan aturan yang tertuang dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 280 berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan yang tidak dipasangi tanda nomor kendaraan bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 68 ayat satu (1) dipidana dengan kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Artinya, setiap kendaraan harus mematuhi peraturan yang berlaku. Termasuk, tidak diperbolehkan untuk melakukan modifikasi pada plat nomor kendaraan atau mendapat sanksi kurungan selama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge