0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Batalkan Hasil Pilkades Tarubatang

Kades Tarubatang Terpilih, Purwanto, saat menjalani sidang kasus pemalsuan surat keterangan lulus kejar paket B di Pengadilan Negeri Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali – Hasil Pilkades Tarubatang Kecamatan Selo akhirnya dibatalkan. Hal ini seiring keluarnya surat keputusan Bupati Boyolali nomor 141/0356/02/2016 tertanggal 30 Maret 2016. Dalam surat tersebut terdapat lima poin. Namun yang paling krusial di poin nomor 2, yang menyebutkan Kades Terpilih Purwanto tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai calon Kepala Desa Tarubatang. Karena terbukti secara sah dan menyakinkan telah menggunakan surat palsu.

“Hal ini diperkuat dengan keputusan Pengadilan Negeri Boyolali Juni 2015 lalu,” kata Ketua Panitia Pilkades Tarubatang, Sarbini, Kamis (14/4).

Dengan munculnya surat bupati tersebut, lanjut Sarbini, kades terpilih Purwanto gagal menjadi pemenang Pilkades. Keputusan bupati ini sudah ditunggu sejak tiga tahun ini. Selama kasus tersebut, diirinya sebagai ketua panitia sering dihujat massa pendukung Purwanto.

“Harapan saya, setelah ini masyarakat Tarubatang bisa hidup rukun lagi,” tambahnya.

Dijelaskan, Pilkades Tarubatang digelar 20 April 2013 lalu. Saat itu ada tiga calon yang mendaftar. Dalam pelaksanaan Pilkades, Purwanto menjadi pemenang. Namun, usai Pilkades, soal surat tanda kelulusan palsu milik Purwanto mencuat dan dilaporkan ke polisi. Purwanto sendiri sudah dinyatakan bersalah dan divonis tiga bulan dengan masa percobaan lima bulan penjara pada 5 Juni 2015 lalu di Pengadilan Negeri Boyolali.

Disisi lain, Camat Selo, Wurlaksono, meminta masyarakat Desa Tarubatang, terutama pendukung Purwanto, menerima keputusan tersebut. Hal ini untuk menjaga kondusifitas di wilayah Tarubatang. Pihaknya juga berharap surat keputusan bupati tersebut juga disampaikan ke masyarakat.

“Untuk Pilkades selanjutnya, kita serahkan ke Pemdes Tarubatang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge