0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Hanya Miliki Dua Mobil Damkar

Mobil pemadam kebakaran (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Jumlah armada mobil pemadam kebakaran (PMK) yang terbatas mengharuskan Pemkab Karanganyar mengintensifkan pembinaan antisipasi kebakaran kepada masyarakat. Saat ini, Kabupaten Karanganyar hanya memiliki dua unit mobil PMK. Padahal luas wilayah mencapai 17 kecamatan, lima di antaranya rawan kebakaran.

”Jumlah armada PMK memang tidak sebanding dengan luas wilayah,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (13/4).

Bupati mengakui jumlah armada PMK yang dimiliki sangat terbatas. Kondisi dua mobil PMK tersebut juga kurang memadai. Satu mobil PMK mulai usang termakan usia. Bahkan tidak jarang saat akan digunakan untuk membantu daerah lain justru macet.

“Kita belum akan melakukan pengadaan mobil pemadam baru,” kata Bupati.

Juliyatmono menjelaskan, pihaknya lebih memilih untuk melakukan pendekatan preventif ke masyarakat. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menyediakan pemadam kebakaran ringan atau meminimalisir penyebab kebakaran.

”Sosialisasi ke masyarakat harus lebih ditekankan. Masyarakat sendiri juga harus memperhatikan instalasi listrik mereka. Kemudian perusahaan sediakan alat pemadam sederhana,” katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, unit PMK masih bergabung dengan DKP. Saat ini jumlah armada PMK hanya dua. Unit PMK memerlukan satu armada kecil agar bisa menjangkau ke pemukiman padat penduduk. Pihaknya akan menganggarkan pengadaan mobil PMK berukuran 600-1.000 liter

”Armada ukuran kecil penting karena beberapa kasus kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk yang sulit dijangkau armada ukuran besar. Sedangkan dua armada yang ada saat ini berukuran besar semua,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge