0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Diminta Berkomunikasi dengan MNLF dan MILF

merdeka.com
Fadli Zon (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah Indonesia diminta untuk membuka kerjasama dan lobi kepada pihak Moro National Liberation Front (MNLF) dan Moro Islamic Liberation Front (MILF) guna upaya pembebasan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf. Kelompok-kelompok itu mempunyai kontak dengan Abu Sayyaf, sehingga kemungkinan bisa membantu pihak Indonesia dalam membebaskan para WNI yang disandera.

“Kita kan punya hubungan baik itu dengan MNLF dan MILF. Harusnya kita minta tolong kepada mereka. Pasti kan di antara mereka ada yang punya hubungan-hubungan dengan kelompok Abu Sayyaf ini,” ujar Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, Kamis (14/4).

Selain itu, Fadli juga beranggapan, seharusnya sejumlah upaya informal demi membebaskan para sandera, juga bisa dilakukan oleh sejumlah pihak seperti MUI, NU dan Muhammadiyah untuk menjalin kontak dengan pihak MNLF dan MILF tersebut.

Sebab menurutnya, upaya persuasif adalah satu-satunya harapan dan cara ketika jalur diplomasi dan jalur formal kepemerintahan menghadapi jalan buntu seperti saat ini.

“Secara informal, mungkin bisa melalui lembaga-lembaga keagamaan. Dilibatkan saja, MUI, NU, Muhammadiyah,” ujar Fadli.

“Karena menurut saya, jalan persuasif lebih menghasilkan sesuatu daripada jalur lain. Karena kan jalur lain juga tidak bisa,” lanjut dia.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge