0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mumi Berusia 1500 Tahun Ditemukan Pakai Sepatu Adidas

Dok: Timlo.net/ The Siberian Times.
Mumi memakai sepatu Adidas. (Dok: Timlo.net/ The Siberian Times.)

Timlo.net—Para ahli arkeologi menemukan sisa-sisa mayat seorang perempuan yang diperkirakan mati sekitar satu milenium lalu di Pegunungan Altai, Mongolia. Hanya tangan dan kaki mumi ini yang ditemukan. Tapi penemuan ini justru memicu rasa penasaran dari para pengguna internet jika mumi itu berasal dari masa depan. Kaki si mumi sendiri terlihat memakai sepatu trainer dengan logo tiga garis mirip dengan logo sepatu Adidas.

“Mumi ini memakai Adidas di foto pertama?” tanya seorang pengguna di situs LiveLeak.

Tentunya pertanyaan ini terkesan konyol. Bisa jadi sepatu yang dipakai mumi dari Mongolia ini merupakan sepatu kuno yang kebetulan saja memiliki pola yang mirip dengan sepatu Adidas.

Tapi penemuan ini disambut dengan antusias oleh para arkeolog. Mereka berkata jika mumi ini memberikan pandangan paling unik terhadap kehidupan orang Mongolia waktu itu. “Mayat ini bukanlah dari kalangan elit dan kami percaya mumi ini adalah mumi perempuan, karena tidak ada busur di makamnya,” kata B. Sukhbaatar, peneliti dari Khovd Museum kepada the Siberian Times.

“Sekaarang kami dengan hati-hati membuka tubuhnya dan saat proses ini selesai para ahli akan bisa memperoleh informasi lebih akurat terkait gendernya,” tambahnya.

Sukhbaatar berkata jika makam itu merupakan penguburan Turkik lengkap pertama di Mongolia dan merupakan hal yang sangat jarang.

“Kuburannya sedalam tiga meter. Penemuan ini menunjukkan jika orang-orang ini merupakan pengrajin yang sangat ahli,” katanya.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge